Kamis, 08 Mei 2008

Cat Mowilex dan putihnya Danalux


"Apa yang menjadikan kamu merasa capek dan bosan?" Masih ingat kata-kata ini terucap ketika saya masih duduk di bangku SMA, siapa lagi kalau bukan ayah saya, yang selalu memberi spirit dalam hidup saya. Pertanyaan tadi terus terang susah untuk menjawabnya. Karena memang waktu itu masa dimana antara hobby dengan belajar sangat bertentangan. Keduanya tidak bisa disatukan dalam kepalaku/pikiranku, karena saya lebih suka menggambar dari pada belajar. Inilah yang membuat orangtua agak sedikit pusing, untungnya masukan tadi bisa saya terima dan mencoba untuk mengubah kebiasaan yang tidak benar tadi. Tadinya yang malas belajar bisa sedikit berubah untuk belajar dan mengurangi hobby menggambar. Maklum karena waktu itu saya suka menggambar kartun, atau bisa dikatakan lagi suka-sukanya nggambar kartun, karena memang waktu itu sering mengirimkan karya kartun ke beberapa media cetak. Lumayan juga sih honornya, bisa buat untuk beli alat gambar rapido dan tintanya.

Kembali ke pertanyaan orangtua saya tadi, akhirnya saya nyerah tidak bisa menjawab. Akhirnya beliau berkata, "Rud, kalau kamu kerja karena kamu senang enak kan? Sepertinya berat atau capek itu hilang karena kamu menikmatinya".Mendengar jawaban tadi saya berusaha untuk mengerjakan tugas saya sebagai pelajar, yaitu belajar bukan malah menggambar. Toh akhirnya, sampai saya lulus SMA dengan NEM (Nilai Ebtanas Murni) tidak mengecewakan orangtua, dan beliau pasti tahu apa yang saya inginkan setelah tamat SMA. Melanjutkan kuliah di seni Rupa!!!

Hari ini, sembilan belas tahun lalu...kegiatan menyalurkan hobby masih tetap berlanjut. Yang membedakan hanya grafik tingkat keseriusan sepertinya sudah agak berkurang. Maklum karena kesibukan juga karena sudah capek ketika pulang dari bekerja. Namun pada hari-hari libur kadang saya paksakan untuk berkarya, meskipun hanya sekedar sketsa. Beberapa lukisan di atas sekedar mengisi kekosongan saja. Aliran bisa bermacam, tetapi saya lebih senang aliran mirip Heri Dono atau Eddie Hara. Naif, tanpa beban tetapi tidak menggurui. Karena keisengan saya pernah minta ijin untuk menggambar mural di tembok di wilayah lingkungan rumah saya. Maksudnya bahwa seni tidak untuk saya sendiri, semua orang boleh bebas mengekspresikannya, dengan modal cat Mowilex dengan background Danalux putih, saya mulai kegiatan "kerja bhakti" melukis tembok, alhamdulillah antusias warga tidak lah mengecewakan,sebuah proyek seni untuk rakyat telah berjalan. Sampai sekarang hasilnya masih terlihat, meskipun hampir 2 tahun gambar tersebut menghiasai lingkungan saya.

"Apa yang menjadikan kamu merasa malas dan bosan Rud?...seandainya pertanyaan ini muncul lagi, pasti saya jawab dengan keras, "Kerja yang tidak ikhlas dan tidak saya senangi!"

1 komentar:

rudybrindil mengatakan...

makanya belajar yang rajin biar jadi dokter!!