Selasa, 12 Mei 2009

Sandal Lily dan Senter Tiger Head (Djadoel 04)





Di malem jang soedah gelap soeara alat komunikasi kampoeng jang beroepa "kenthongan" alat poekoel di masa itoe saling berboenyi. Seakan menandakan gelapnya sinar remboelan di malam hari, sementara warga yang lainnja tinggal diroemah dengan alat pentjahajaan seadanja. Soeasana diloear roemah semakin gelap, lajaknja kain hitam menjelimoeti mata kita. Sekelompok anak-anak ketjil berdjalan sambil memoekoel-moekoel kenthongan tadi. Malam jang gelap itoe memang malam gerhana boelan, dimana boelan tidak nampak dimalam hari. Pada saat begini biasannja anak-anak di kampoeng memboenjikan alat musik tradisional itoe.Kata orang toea gerhana boelan terdjadi karena boelan dimakan betarakala,jaitu dewa ataoe raksasa. Itoelah mengapa anak-anak ketjil keloear sambil memoekoel kenthongan.

Saja waktoe itoe beloem beroemor 5 tahoen (masih balita) setjara tidak sengadja mengikoeti rombongan anak-anak jang berkeliling itoe. Ketika mengikoeti lama-kelamaan saja tertinggal djauh oleh rombongan, dan anehnja saja berdjalan sendiri ditengah malam jang gelap. kalau dikampoeng atau djaman doeloe anak-anak bermain bebas tidak sekarang ini.
Soeara kenthongan itoe akhirnja menghilang dari telinga saja, dan saja tidak mengerti kemana arah djalan, saja menangis tidak ada orang jang mendengar, saja berlari kentjang tidak tahoe arah jang ditoedjoe. Akhirnja saja berdjalan dengan kata hati dan anehnja saja tidak ada rasa takoet sediktpoen akan gelapnja malam itoe.
Sendiri dimalam gelap, poelang tidak tahoe arah akhirnja saja menemoekan tjahaja dari kedjaoehan. Saja berlari mendekati tjahaja itoe, kian dekat dengan tjahaya itoe memboeat hatikoe semakin jakin bahwa ternjata disana ada orang jang sedang berdjalan dengan membawa senter. Benar djoega doegaan saja, setelah berteriak orang toea tadi mendjawab, .."siapa jang disitoe..!". Ketika saja mendjawab djawaban orang toea itoe dan saja mengatakan tersesat beliau kaget. Sampai ditanjain tentang saja, termasoek berntanja orang toea saja dan tinggal dimana. Setelah mendengar djawaban saja, orang itoe kaget da nmenghantarkan saja ke roemah saja, tetapi saja tidak maoe diantar sampai ke roemah, saja takoet dimarahi kedoe orangtoea saja, akhirnja di perempatan djalan saja berpisah.

Saja mengamati orang itoe, moengkin bisa terwakili oleh gambar jang saja upload diatas. Sosok orang toea itu membawa senter, dengan mengenakan saroeng jang dipakai melintang diatas badan dan memakai sandal Lily. Seboeh atriboet jang khas dimasa itoe.Apabila saja melihat sandal Lily dan senter tjap Tiger Head ini, pikiran saja moendoer ke peristiwa poeloehan tahoen jang laloe. Dimana saja pernah kesasar di malam hari pas gerhana boelan dan setjara tidak sengadja saja bertemoe dengan orangtoea jang mengantarkannja poelang. Duh peristiwa itoe..(djangan-djangan makhloek halus..) ihhh djadi merinding.......

Tidak ada komentar: