Minggu, 16 Desember 2007

Global Warming

“You look at that river gently flowing by. You notice the leaves rustling with the wind. You hear the birds; you hear the tree frogs. In the distance you hear a cow. You feel the grass. The mud gives a little bit on the river bank. It’s quiet; it’s peaceful. And all of a sudden, it’s a gear shift inside you. And it’s like taking a deep breath and going, ‘Oh yeah, I forgot about this’.” ~Al Gore, An Inconvenient Truth, diambil dari Wikipedia


Sekarang ini, bumi berada diambang kehancuran. Sekarang ini, bumi sedang dihantui oleh kenyataan mengenai Greenhouse Effect. Sekarang ini juga, bumi sedang dihantam oleh berbagai macam bencana mulai dari air, darat, dan udara.
OK. Semua itu bukan ilusi ataupun bullshit. Namun yang menjadi permasalahan adalah, seberapa parah keadaan yang sebenarnya sedang dialamai oleh bumi ? Dan mengapa sampai sekarang manusia - manusia kebanyakan tidak begitu mengetahui betapa parahnya keadaan bumi yang sedang mereka pijak itu…?

Jadi…
Meski tidak sepenuhnya 100%, namun bahwasannya Pemanasan Global terjadi oleh ulah manusia. Ya, kita tahu bahwa sebenarnya Pemanasan Global itu berbahaya. Pemanasan Global itu dapat menjadikan populasi manusia musnah. Kita semua tahu, karena seakan - akan perkataan tersebut sudah menjadi doktrin yang disuapi oleh guru - guru Geografi SMP kita. Namun, tahukah kita seberapa parah bahaya yang sebenarnya kita hadapi ?
Awalnya, Pemanasan Global jelas - jelas menaikkan temperatur di bumi hingga beberapa derajat, itu keadaan yang dihadapi sekarang. Namun apabila kita menilik beberapa ratus tahun kedepan, kita malah akan dihujani oleh Ice Age, atau biasa disebut sebagai jaman es. Mengapa ? Mencairnya es yang ada di Greenland dan perubahan iklim / cuaca menyebabkan siklus pertukaran udara panas - dingin berhenti. Maka dari itu, Ice Age dimulai dari pulau - pulau di sekitar Eropa dan Amerika.
Dan lagi, pencarian es tidak dimulai semenjak ”kemarin sore“. Adapun data mengenai pencairan es dimulai dari tahun 1850 menujukkan bahwa, kenaikan suhu akibat Global Warming yang besar - besaran terjadi dimulai pada tahun 1980. Dimana teknologi dan perkembangan Industri sedang berkembang secara pesat.
Kenaikan suhu dan temperatur sendiri sebenarnya dikarenakan kadar CO2 yang naik. Semenjak ? Data menunjukkan bahwa dalam 14 tahun terakhir, hampir semua rekor temperatur dan suhu itu masuk kedalam jajaran 10 besar terpanas. Lagi, adapun waktu - waktu tersebut adalah waktu dimana Kemajuan Industri dan Teknologi sedang pesat - pesatnya. Adapun bukti mengenai kenaikan kadar kenaikan CO2 dilihat dari penelitian Inti Es yang dilakukan oleh University of Bern. Menunjukkan bahwa konsentrasi Karbon Dioksida yang ada di dalam Inti Es Antartika telah naik semenjak 650,000 tahun yang lalu.
Jadi ?
Kebanyakan dari efek Pemanasan Global disebabkan oleh manusia sendiri. Industri dan Teknologi yang berkembang tidak diimbangi oleh penggunaan tenaga yang lebih ramah lingkungan. Sebagai contoh di Indonesia sendiri, penggunaan pukat harimau ataupun bom laut justru malah menjadi prioritas dalam menangkap ikan ketimbang jaring biasa. Lalu penggundulan hutan dan pengeboran minyak yang teledor malah mengakibatkan kerugian bagi masyarakat luas. Tahukah kalian apabila Indonesia sudah masuk rekor Guiness dalam bagian penghancur hutan tercepat…?
Namun ini bukan hanya menjadi tanggung jawab masyarakat Indonesia saja. Seluruh dunia juga, dimulai dari aspek terkecil sampai yang terbesar, sadarlah ! Mau sampai kapan kita semua akan menginjak - injak bumi kita yang tercinta ini ? Apakah ketika bumi sudah mati dan menjadi abu, baru kita akan sadar ? Jangan sampai menyesal tatkala sudah terlambat. Bergeraklah mulai dari sekarang. Lain dengan hal ini, belum ada kata terlambat untuk membuat sesuatu yang baru.
(chaosregiom.wordpress.com)

Tidak ada komentar: