Rabu, 09 Januari 2008

Tahun Baru Saatnya Berubah


Hampir 3 minggu blog ini tidak ada postingan baru yang menghiasi tampilan dan menambah isi blog ini. Bukannya males menulis atau sudah bosan dengan blog ini tetapi semata karena kesibukan dan banyak hal yang musti diselesaikan segera.
Masih dekat dengan ingatan kita ketika akhir tahun bencana melanda dimana-mana di kawasan negeri kita tercinta ini, yang selama ini kita/saya lihat di beberapa media. Ketika membaca di surat kabar, ketika menonton berita di televisi..sepertinya hanya sebagai pembaca dan penonton setia saja melihat keadaan musibah di negeri ini.
Tetapi lain cerita dengan tanggal 26 Desember yang lalu dimana salah satu musibah yang saya alami bakal terjadi dan menimpa diri saya karena selama ini sebagai subyek saja…banjir meluluhlantakan hampir sebagian daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.. Salah satunya banjir di Solo, sebuah kota besar nomer dua di Jawa Tengah di hantam banjir, dan diantaranya yang paling parah di wilayah saya.
Hampir 40 tahun (kata orangtua) atau mungkin baru seumur ini saya bisa merasakan musibah banjir yang maha dahsyat dengan di kampung saya, dan ketinggian air-pun bertambah cepat dengan hitungan menit kalau saya lihat kejadiannya sehingga dalam waktu 2 sampai 3 jam air sudah menenggelamkan rumah sekitar 2 meter di luar rumah sedang di dalam ketinggian air sekitar 1,2 meter..memang benar-benar dahsyat!
Dengan memperoleh ijin dari kantor selama 2 hari plus cuti bersama akhirnya tahun baru kulalui dengan suasana sedih bercampur syukur kepada Allah bahwa cobaan dan ujian bisa saya terima dengan ikhlas dan sabar dalam menjalani, dengan tidur beralas dipan kayu, ditemani air banjir disekeliling rumah dan dinginnya udara di malam itu. Membuat saya lebih sabar dalam menjalani cobaan ini meskipun kualitas tidur hanya 1 sampai 2 jam dan bangun badan tersa pegel semua…
Di tahun baru 2008 saya tidak bisa merayakan seperti tahun lalu, toh..biasanya saya tidak pernah juga merayakan tahun baru karena pada dasarnya semua hari itu sama tidak ada istilah baru yang ada hanya pengulangan dan berubahnya waktu.
Sekarang sudah menginjak tahun baru Hijriyah, saya selalu berdoa semoga ditahun baru ini segala sesuatu berubah ke yang lebih baik, yang biasanya di kantor kita kurang produktif sudah saatnya kita tambah produktivitas dan kreativitasnya, yang selama ini lupa atau sering meninggalkan kewajibannya kepada Allah kita dekatkan diri lagi kepada-Nya, yang selama ini bencana melanda negeri ini dan kondisi bangsa yang sedang tidak menentu kita doakan semoga bangsa kita maju disegala bidang jauh dari ancaman bencana, gemah ripah loh jinawi kata orang dulu.
Dengan tidak ada kata terlambat, selamat tahun baru 2008 selamat tahun baru 1429 H

Tidak ada komentar: