Jumat, 18 Januari 2008

Air saja tidak cukup



Iklan bahasa sehari - hari, advertising bahasa kerennya, reklame bahasa jadul-nya, advertentie bahasa Belanda-nya dari semua di atas intinya sama. Berusaha untuk membujuk, merayu kita untuk berbuat sesuatu setelah kita melihat, mendengar akan sebuah iklan yang sengaja untuk menancapkan brand name, brand knowledge, brand image akhirnya menuju ke desire selanjutnya ke action. Apakah kita membeli atau tidak barang yang ditawarkan/diiklankan.

Tapi lain lagi dengan iklan PSA, setidaknya untuk menyadarkan audience mungkin lebih dari cukup. Kalo kita lihat iklan B2W di atas apa yang kita dapat dari pesannya. Kalo saya pribadi mungkin kita/manusia diibaratkan seperti kendaraan. Jika kendaraan berbahan bakar bensin/solar yang selalu tersedia di SPBU mungkin juga kita/manusia sama halnya. Karena dalam iklan tersebut seakan kita sudah cukup dengan air saja apabila kita bersepeda/gowes ke kantor sebagai bahan bakarnya, padahal tidak demikian. Air saja tidak cukup, perlu karbohidrat/nasi untuk sumber tenaga. Jadi bersepeda tidak hanya air saja yang diperlukan tetapi juga makanan untuk menambah tenaga, sementara air sekedar untuk mengurangi haus dan dahaga saja.

Jadi kalo kita lihat visual iklan di atas,pesan apa yang akan disampaikan dalam iklan tersebut? Semuanya tergantung dari penilaian kita masing- masing.Selamat berapresiasi!

Tidak ada komentar: